Lowongan Kerja PPNPN Kementerian BUMN September 2022 - Kementerian Badan Usaha Milik Negara (disingkat Kementerian BUMN) adalah kementerian dalam Pemerintah Indonesia yang mempunyai tugas menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang BUMN, untuk membantu Presiden dalam menyelenggarakan pemerintahan negara. Pembinaan badan usaha milik negara tersebut termasuk pembinaan entitas yang dikendalikan oleh BUMN baik secara langsung maupun tidak langsung sesuai ketentuan. Kementerian BUMN dipimpin oleh seorang Menteri. Menteri BUMN saat ini dijabat oleh Erik Thohir.
Dikutip dari https://bumn.go.id/career pada diinformasikan tentang Pengumuman Nomor PENG-15/S.MBU.A/09/2022 tentang Lowongan Tenaga Pegawai Pemerintah Non Pegawai Negeri (PPNPN) Di Lingkungan Kementerian BUMN Tahun 2022. Posisi yang dibuka adalah Tenaga Perbantuan Adminsitrasi dan Tenaga Sekretaris. Pendaftaran online mulai dibuka tanggal 12 s.d 14 September Pukul 16.00 WIB. Untuk informasi lengkap dan pendaftaran, simak di bawah ini.
Rekrutmen Lowongan Kerja PPNPN Kementerian BUMN Terbaru
A. JABATAN YANG DITAWARKAN
Jabatan yang ditawarkan, uraian tugas dan formasi sebagai
berikut :
1. Tenaga Perbantuan Administrasi
Formasi : 1
Uraian Tugas :
- Menerima
dan mengelola dokumen fisik surat masuk.
- Monitoring
kesesuaian surat masuk pada aplikasi dengan dokumen fisik surat masuk yang
dterima.
- Melakukan
pengagenaan surat masuk yang bersifat rahasia sesuai arahan pimpinan.
- Melakukan
pencetakan naskah dinas keluar yang ditandatangani pimpinan.
- Mengelola
dan monitoring penomoran naskah dinas keluar.
- Melakukan
pemberkasan arsip (membuat daftar arsip dan daftar berkas)
- Mengelola
penyimpanan dan peminjaman arsip oleh unit/pegawai.
- Membantu
proses pemindahan dokumen ke pusat arsip.
- Secara
periodik, mencetak naskah dinas untuk internal, menyerahkan kepada
Sekretaris untuk mendapatkan tandatangan pimpinan.
- Melakukan
pengamlopan surat keluar dan pengaturan penyerahan kepada ekspedisi.
- Melakukan
inventarisasi dan penyusunan Surat Tugas (Admin Surat Tugas).
- Membantu
terlaksananya fungsi Daftar Inventaris Ruangan (DIR), keamanan dan
kebersihan ruangan.
- Membantu
pelaksanaan tugas pokok dan fungsi unit kerja.
- Melaksanakan
tugas dari pimpinan unit masing-masing.
- Menyusun laporan hasil kerja secara periodik.
2. Tenaga Sekretaris
Formasi : 1
Uraian Tugas :
- Menginventarisasi
dan mengatur jadwal/agenda rapat/kegiatan pimpinan.
- Menerima
dan mengatur jadwal penerimaan tamu pimpinan.
- Mengagendakan
jadwal pimpinan melalui aplikasi Microsoft Outlook.
- Menyiapkan
bahan atau materai yang diminta oleh pimpinan secara cepat dan akurat.
- Memastikan
bahan atau materai rapat diterima oleh pimpinan.
- Menerima
telepon dan korespondensi sehubungan pelaksanaan tugas pimpinan.
- Menerima
dan mengelola dokumen fisik surat masuk.
- Melakukan
monitoring kesesuaian surat masuk pada aplikasi dengan dokumen fisik surat
masuk yang diterima.
- Memeriksa
format dan kesesuaian konsep surat keluar.
- Menyerahkan
naskah dinas fisik yang memerlukan paraf dan/atau tanda tangan kepada
pimpinan.
- Menyerahkan
naskah dians fisik yang sudah diparaf dan/atau ditandatangani kepada
pemeriksa selanjutnya atau pihak penerima naskah dinas.
- Merapikan
dan mengatur dokumen/arsip pimpinan.
- Melakukan
pengamplopan fisik surat keluar dan pengaturan pengiriman.
- Melakukan
pemberkasan arsip (membuat daftar arsip dan daftar berkas).
- Mengelola
penyimpanan dokumen ke pusat arsip.
- Memproses
pemindahan dokumen ke pusar arsip.
- Menjaga
kerahasiaan informasi dan dokumen.
- Memastikan
terlaksananya administrasi perusaratan dan catatan kedisiplinan Pimpinan
melalui portal Sistem Manajemen ASN (SIMANIS).
- Membantu
pelaksanaan tugas pokok dan fungsi unit kerja.
- Menyusun
laporan hasil kerja secara periodik.
- Melaksanakan
tugas sebagai penanggung jawab keamanan dan kebersihan ruangan unit kerja.
- Melaksanakan tugas-tugas lain dari Pimpinan unit kerja.
B. PERSYARATAN
1. Tenaga Perbantuan Administrasi
Kualifiaksi :
- Pria/Wanita
dengan usia maksimal 30 tahun.
- Diutamakan
berdomisili di Jabodetabek.
- Memiliki
pendidikan minimal Diploma-III (diutamakan latar belakang Administrasi
dan/atau Kerasipan).
- Memiliki
kemampuan mengoperasikan komputer/aplikasi.
- Mampu
bekerja di bawah tekanan dan bersedia mengikuti jam/irama kerja pimpinan.
- Diutamakan memiliki pengalaman di bidang administrasi tata persuratan dan pengelolaan arsip.
2. Tenaga Sekretaris
Kualifikasi :
- Pria/Wanita
dengan usia maksimal 27 tahun.
- Diutamakan
belum menikah.
- Diutamakan
berdomsili di Jabodetabek.
- Memiliki
pendidikan minimal Diploma-III (diutamakan latar belakang pendidikan
Sekretaris).
- Memiliki
kemampuan di bawah tekanan dan bersedia mengikuti jam/irama kerja
pimpinan.
- Memiliki
keahlian dalam manajemen waktu dan manajemen emosi dalam menangani
deadline.
- Memiliki
kemampuan mengoperasikan komputer/aplikasi.
- Diutamakan
memiliki pengalaman sebagai Sekretaris/Personal Assistant minimal 1 (satu)
tahun.
- Memiliki
kemampuan dalam korespondensi dan kearsipan, serta mengorganisir secara
pertemuan bisinsi.
- Memiliki sikap service oriented.
C. TATA CARA PENDAFTARA
- Pengumuman
pembukaan lowongan tenaga PPNPN dapat diakses melalui situs Kementerian
BUMN https://bumn.go.id/career
- Pendaftaran
dilakukan secara online melalui tanggal 12 s.d 14 September pukul
16.00 WIB
- Untuk
memudahkan melakukan pendaftaran online, harap dipersiapkan terlebih
dahulu beberapa dokumen yang wajib diunggah pada saat melakukan
pendaftaran online yaitu :
- a.
Daftar Riwayat Hidup, minimal meliputi Data Diri, Pengalaman Organisasi,
Pengalaman Bekerja, dan Keahlian;
- b.
Kartu Identitas Diri (KTP) yang masih berlaku;
- c.
Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP);
- d.
Ijazah pendidikan terakhir;
- e.
Transkrip nilai pendidikan terakhir; dan
- f. Sertifikat lainnya yang relevan.
D. KETENTUAN LAIN
- Proses
pendaftaran sampai dengan pengumuman kelulusan tidak dipungut baiaya
apapun.
- Pengumuman
hasil seleksi akan disampaikan melalui media resmi Kementerian BUMN atau
email pelamar yang didaftarkan pada saat pendaftaran online sehingga
pelamar diminta aktif mengakses situs dan email dimaksud.
- Apabila
diketahui pelamar memberikan keterangan/data yang tidak benar untuk
mengikuti proses seleksi sampai dengan pengumuman lulus seleksi, maka
Panitia Seleksi berhak menggugurkan keikutsertaan/kelulusan pelamar.
- Kelalaian
pelamar dalam membaca dan memahami pengumuman menjadi tanggung jawab
pelamar.
- Keputusan Panitia Seleksi tidak dapat diganggu gugat.